Tentang Proses

roda

Baca tulisan mas Ryan tadi pagi, saya jadi pingin repost tulisan lama, sudah pernah dipublish pada 22 Agustus 2013 di blog yang sekarang sudah ditutup karena isinya banyak yang personal dan malu-maluin…
Tulisan pendek ini memang enggak nyambung dan sepadan dengan tulisan beliau, tapi biarin aja, namanya juga pengen..

Mungkin ini gak penting, sudah beberapa kali saya tulis bahwa untuk menyemangati diri, saya selalu mengingat Cakra Manggilingan, bahwa hidup ini seperti roda yang berputar, dengan Tuhan sebagai porosnya. Orang pernah tidak punya apa-apa, namun juga pernah punya apa-apa, dan bisa kembali tidak punya apa-apa. Pernah sedih, susah namun juga pernah merasakan bahagia. Jadi, bila sedang dalam kondisi apapun itulah proses yang harus dijalani dan yakin bahwa semua akan berubah menjadi baik. Dan tergantung bagaimana kita bisa menjaga, hingga pada saat berada β€˜di bawah’ kita tidak menjadi lebih terpuruk.

Kata almarhum mbah Alfred North Whitehead, proses berarti perubahan berdasarkan mengalirnya waktu dan kegiatan yang saling berkaitan. Jadi ke depan, semua akan berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung dari apa yang kita lakukan saat ini.

Proses hidup tidak selamanya selalu menyenangkan. Ada kalanya menyedihkan bahkan menyakitkan. Keyakinan (semangat) menjadi lebih baik akan menjaga mental kita sehingga tidak drop, nglokro dan pesimis. Bukankah keindahan kupu-kupu dihasilkan melalui proses metamorfosa yang barangkali menyakitkan? Bukankah seseorang tidak lahir langsung menjadi dokter, presiden atau profesor?

Tetap semangat. Salam syuurper..!! (ini Mario Tegar)

*gak papa gambarnya bukan cakra manggilingan, tapi roda andong πŸ˜†

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s