Keindahan Semu

light

Berkhayal itu memang menyenangkan. Membayangkan sesuatu, masuk ke dunia yang kita harapkan. Tentunya menyenangkan bisa melakukan apapun atau memiliki apapun. Namun kebahagiaan itu hilang saat kita melek dan kembali pada realita.

Sangat berbahaya bila orang sudah ketagihan berkhayal. Maksudnya orang yang terlanjur menikmati khayalan yang ia kembangkan sendiri sesuai keinginan but, then no action! Karena sebenarnya orang yang keasikan berkhayal, membayangkan yang indah-indah untuk dirinya, tanpa berinisiatif mewujudkannya adalah jenis orang yang membohongi diri sendiri. Kebahagiaan yang semu. Tentu saja ia layak dicap sebagai pemalas. Kenapa? Karena lebih memilih bengong, meninggalkan aktifitas positif dan masuk ke dunia yang tidak nyata.

Orang semacam itu hanya akan menjadi manusia yang sia-sia dan tidak bisa diandalkan. Lebih parah bila sudah berpikir tanpa harus bekerja keras, ia bisa memiliki apapun yang ia inginkan. Mendapatkan kenikmatan yang fiktif, semacam masturbasi (eh..) Namun lambat laun ia menjadi takut melek, takut menerima kenyataan, depresi, endingnya, edan.. πŸ˜€

Manusia memang layak berkhayal, namun bukan sebagai pelarian dari kenyataan. Berkhayal dan merubahnya menjadi mimpi, harapan dan ambisi (ini Steve Jobs). Karena khayalan dan mimpi membuat kreatifitas menjadi tidak terbatas.

Bermimpi dan berkhayal bisa dijadikan stimulan agar semangat bekerja untuk mewujudkan impiannya. Sehingga, kalau memang bersungguh-sungguh, mobil mewah dan rumah besar benar bisa dimiliki, dinikmati secara nyata. Namun apapun yang kita miliki saat ini, wajib disyukuri. Jika masih ada yang belum bisa diraih, mungkin Tuhan mempunyai rencana lain yang lebih keren. Betul gak sih?

* Terinsirasi dari film Total Recall
** repost from previous blog

Advertisements

19 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s