Mawut Alias Buyar


Buyar atau kalau dalam bahasa Jawanya bisa disebut bubar, mawut, bubrah yang diartikan berserak, tercerai berai atau berantakan.

Contoh paling gampang ya gambar di atas. Genteng yang idealnya tertata rapi di atap rumah, berfungsi melindungi isi rumah dari panas dan hujan, namun karena sesuatu hal menjadi tidak terpakai hingga akhirnya hanya berserak di tanah. Genteng produksi pabrik yang dibuat menggunakan mesin cetak dan press akhirnya menjadi tidak bermanfaat secara maksimal bila tidak ditata dengan baik. Jadi, selain diproduksi melalui proses yang baik, genteng juga diatur, ditata dengan baik pula.

Sama halnya dengan kita. Eh kita? 😀 Manusia memang idealnya dibentuk dengan baik, melalui pendidikan formal yang baik dan lingkungan yang baik pula. Meskipun sebenarnya, apapun latar belakang orang tersebut bila mau menata hidup, merencanakan langkah-langkah dengan baik, fokus dan konsisten tentunya akan meraih goal yang diharapkan.

Seperti genteng, manusia yang dibentuk dengan baik bila tidak berlaku sesuai tatanan hidup yang baik dan benar tentunya juga hanya menjadi manusia yang sia-sia. Sebaliknya, meskipun berasal dari lingkungan enggak ideal, bahkan berpendidikan biasa saja, bisa saja menjadi manusia yang migunani, bermanfaat (bagi lingkungan, keluarga atau at least diri sendiri) bila sanggup menata mental, moral, material dalam hidupnya dengan tepat.

Ini apasih? Embuh, saya juga bingung.. Intinya, marilah menjadi manusia yang bermanfaat, fokus, konsisten enggak seperti genteng pecah yang berserakan gak ada artinya. Deal? 😀

Repost from previous blog
Foto dari sini

Advertisements

8 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s