Break

rest2

Bis kota dan angkot yang tiap hari muter menuh-menuhin jalan, toh setiap malam pasti masuk garasi, istirahat. Demikian juga supir dan kernetnya. Beristirahat, tubuh direfresh agar esok hari mampu bekerja lagi. Bagaimana bila dipaksakan? Tentunya kondisi kendaraan lama kelamaan bakal panas, soak akhirnya mogok. Sopirnya? Yaelah, kemampuan manusia seberapa sih? Sekuat-kuatnya pak sopir, akhirnya akan kelelahan, ngantuk, konsentrasi buyar, akhirnya happy endingnya malah jadi enggak nyenengin.. 😆

Pemilik warung makan tentunya tidak hanya sekedar buka warung lantas bengong nunggu pembeli. Bisa jadi buka dari pagi hingga sore enggak ada pembeli datang untuk makan di warungnya. Seorang sales suatu produk tentunya tidak hanya sekedar muter masuk toko menawarkan dagangannya. Bisa jadi juga seharian dagangannya tidak satupun yang laku. Pada saat seperti itu dibutuhkan waktu jeda untuk introspeksi dan atur strategi agar warung makan laris atau dagangannya terjual banyak.

Seperti halnya pak nelayan dalam mencari ikan. Saat cuaca buruk, atau musim tidak mendukung, tentunya ia memilih tidak melaut bila hanya akan sia-sia atau mendapat celaka. Pada saat seperti itu, ia akan break, beristirahat di rumah atau melakukan kegiatan lain. Hingga saatnya nanti cuaca mendukung ia baru pergi melaut.

So, dalam upaya meraih goal tertentu tidak berarti tidak boleh ngotot. Ngotot sekaligus ngasal tanpa strategi yang benar belum tentu bisa mendapatkan apa yang diinginkan, salah-salah malah buntung, kehilangan peluang.

Dalam hal apapun, kita butuh waktu untuk beristirahat, bagi orang bisnis malah ada waktu untuk atur strategi. Semacam time-out di pertandingan basket, mungkin..

Mencari jodo apakah butuh strategi juga? Entah, yang ini soal rasa.. Mungkin sabar, tapi entahlah.. 😀

Advertisements

6 comments

  1. Couldn’t agree more :hehe.
    Kalau kata orang, “Mundurlah selangkah supaya bisa melihat mana yang betulan besar dan mana yang kau besar-besarkan.” :hehe.
    Let’s take a break, kalau begitu :hore (overexcitement karena break-nya minggu depan exceed expectation :hihi :abaikan).

    Like

  2. Great photo dan perenungannya masuk banget. Dipaksakan mungkin akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa dalam waktu singkat but not in the longer run. Great post mas!! 💝

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s