Mendadak Ke Solo

soloEs puter, khas kawasan Ngarsopuro

Hari Kamis kemarin saya ke Solo, kota yang asik yang terletak sekitar 60 km di timur Jogja. Perjalanan geje karena idenya muncul spontan, enggak direncana sama sekali. Jam 9 pagi saya masih gegoleran di tempat tidur, twitteran, tiba-tiba terlintas ke Solo.. langsung cek jadwal kereta Prameks trus mandi dan berangkat gitu aja. Jam 10.30an sampai stasiun Tugu.

Setelah beli tiket dan masuk peron, masih sempat ngopi dan mainan instagram, sambil nunggu jodoh kiriman Tuhan datang nyamperin. Jam 11.05 kereta berangkat. Sebagai kereta komuter dengan harga tiket 8 ribu, Prameks cukup bagus dan bersih.ย  Kalau sepi penumpang mestinya nyaman, tapi emang belum pernah nemui Prameks sepi,, ๐Ÿ˜€ Benar saja. Saat kereta bergerak ke Lempuyangan, tiba-tiba saja jadi penuh dan banyak yang berdiri. Rombongan cowok-cowok mahasiswa, dan tak satupun dari mereka ada yang hamil, okesip, biarkan saja mereka berdiri, dan saya tidur. Tepat satu jam saya sudah sampai stasiun Purwosari, Solo.

Setiap turun dari kereta di Purwosari, entah kenapa beberapa kali ini saya punya kebiasaan, nongkrong dulu di angkringan sebelah kiri pintu keluar. Tapi kemarin saya sempat sarapan juga di sana. Sarapan yang terlambat. Bagi lidah dan perut pasaran seperti saya, menunya cukup asik, nasi sayur lombok dan oseng daun pepaya, lauknya paha ayam dan tempe goreng. Cukup 11 ribu include es teh. Setelah itu saya baru bingung, mau ke mana haha.. Ada beberapa teman di Solo, tapi saya enggak pengen ganggu liburan mereka. Oiya, termasuk ada mas Sukmana (GR dulu, siapa tau beliau baca post ini), tapi saya belum sempat tukeran no kontak, jadinya yasudah… ๐Ÿ˜€

Nah, puluhan kali ke Solo, saya sekalipun belum pernah naik bis Solo Batik, yang katanya busway-nya kota Solo. Oke, saya naik dari halte depan stasiun, entah saya ngikut aja mau di bawa ke mana. Setelah di dalam bus yang penuhnya minta ampun, saya baru bisa mengambil kesimpulan, uniknya busway Solo Batik ini hanya disain batik di tubuh bis kota ini. Lainnya sama saja. Bahkan, ongkos naik bis Rp 4.500 tidak dibeli di loket di halte, namun dibayar ke kernetย  di dalam bis.

Saya bilang Solo itu asik. Mengamati sepanjang Jl. Slamet Riyadi, terlihat kombinasi arsitektur modern dan bangunan lama atau setidaknya berarsitektur lama. Harus diakui, kiprah pak Joko semasa jadi walikota di sini memang terlihat nyata. Hop.. hop.. stop… di halte Ngarsopuro saya turun.

Hhaa.. kawasan Ngarsopuro, saya pengen bernostalgia menyusuri jalan tembus dari Slamet Riyadi ke kraton Mangkunegaran. Tolol juga sih, jalan-jalan jam 12 siang. Seteduh-teduhnya kawasan ini tetep aja gerah. Saya segera masuk ke pasar Triwindu, pasar unik yang wajib dikunjungi kalau ke Solo.
solo3
Ping!!!
โ€œLagi neng Solo bung?โ€
Sebagai cah kekinian, saya memang sempat ganti foto profil di BBM dengan foto pasar Triwindu. Dan segera seorang teman nyamber. Hhaa.. akhirnya ada teman mau gabung.

Sambil nunggu teman datang, saya nongkrong di pinggir jalan sambil beli es puter. Iya, di Ngarsopuro, selain pasar antik Triwindu, kalian musti ngicip es puter yang dijajakan di trotoar, dinikmati di bawah keteduhan pohon asam. Segelas harganya 5 ribu. Dari sisi rasa standar aja sih.. tapi itulah yang khas dari kawasan ini.

Ketemu kawan lama itu selalu asik. Apalagi punya interest yang sama. Dia dulu salah satu kontributor di media tempat saya bekerja. Gak cuma dulu, ternyata sampai sekarang. Lah? Ternyata media yang sempat kolaps dan mati itu sekarang mulai update lagi. Ya syukurlah.. semoga semakin membaik dan eksis sebagai protal budaya seperti dulu. Aamiin.

Asik ngobrol, ternyata sudah sore. Saya harus segera balik Jogja, karena ada janjian bahas sesuatu dengan teman di Kantin. Dan… sesampai di stasiun ternyata saya ketinggalan kereta. Waa.. yasudah, saya nunggu kereta berikutnya jam 19.40 meskipun mesti nunggu hampir 3 jam di stasiun. Apes.. ๐Ÿ˜ฆ

Neng setasiun balapan.. kutho Solo sing dadi kenangan…. lalala… lilili…

 

Advertisements

29 comments

      1. di Jl. Suryodiningratan 15 dan di Jl. Kabupaten 77B.. hehe di laptop malah ga ada fotonya.. mungkin ada di twitter atau IG @kantins15 atau fb page: kantins15
        tapi gak janji ada fotonya sih hehe..

        Like

      2. Bwahaha…. Jl. Suryodiningratan itu di Jogja selatan Mas.. seputaran Gading / Alun2 kidul.. Kalau Jl. Kabupaten itu di Jogja barat, sebenarnya sudah masuk Sleman..

        Besok kalau mau merapat saya sendloc deh hehe..

        Like

      3. okeh siap mas hehehe..maklum jogja klo daerahnya hafal tapi nek jalan ngertine mung jakal , jl solo dan malioboro wkwkw

        Like

    1. Kalo cuma ke solo sih brani2 aja dadakan.. kemarin habis ga nyampe cepek termasuk jajan kopi di thiam juga. kalo dadakan ke jakarta mesti mikir…

      Jadi maksudnya Mas mau bayarin saya liburan nih?

      Liked by 1 person

  1. Piknik dadakannya akhirnya jadi ya mas ๐Ÿ™‚
    Saya malah belum pernah ke Solo, eh pernah lewat tok waktu mau ke Pacitan … tapi ya cuma lewat sih itu pun malem.

    #ga menemukan gadis solo po disana ?? eh..eh..

    Like

      1. sik regane mudhuk ki prameks.. dari 12000, terakhir aku bayar 9000, kemarin malah cuma 8000, tapi bayare neng loket ๐Ÿ™‚

        balekambang apik ra sih? pengen ksana e

        Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s