Watu Lumbung: Menikmati Alam Bermodal Kejujuran

watu lumbung_12

Bukit Watu Lumbung. Perbukitan yang sebelumnya kering dan tandus ini disulap menjadi kawasan wisata edukasi. Berada di kecamatan Kretek, Bantul, tepatnya setelah menyeberang jembatan Kretek menuju pos loket pantai Parangtritis belok ke kiri. Setelah maju sekitar 100 meter belok kanan masuk ke kawasan perbukitan ini. Hati-hati, jalan cukup menanjak.

Di kawasan pegunungan Seribu ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Bila cuaca cerah, akan terlihat barisan gunung Merapi, merbabu, Sindoro dan Sumbing di sebelah utara. Sementara di sisi selatan terlihat dengan jelas samudera Indonesia.

watu lumbung_01

Untuk memfasilitasi pengunjung, didirikan beberapa warung nongkrong sederhana. Keunikannya adalah, edukasi yang diterapkan kepada tamu yang datang ke warung-warung ini. Ada satu warung yang di mana pengunjung terlebih dahulu menanam pohon dari polybag yang sudah disediakan. Usaha menanam pohon ini dihargai dengan bentuk diskon saat berbelanja di warung ini. Di warung yang lain, pengunjung bisa menukarkan 3 buah buku layak baca untuk ditukarkan dengan paket makanan gratis. Buku-buku tersebut nantinya akan disalurkan ke perpustakaan yang dikelola untuk penduduk sekitar. Keren bukan?

Ada satu warung lain yang konsepnya seperti kantin kejujuran. pengunjung bisa pesan menu apapun sesuai dengan harga yang sudah tertera. Nanti membayarnya tidak pada pengelola warung atau kasir, namun memasukkan uang senilai yang sudah dipesan ke dalam keranjang berbentuk kepis (biasa dipakai untuk tempat ikan) yang sudah disediakan. Jadi pesanan bisa dibayarkan pas, lebih atau malah kurang sesuai dengan hati nurani. Berani jujur?

watu lumbung_04

Advertisements

20 comments

  1. Konsepnya unik tapi mengena banget. Pemandangannya baguus… dan keindahan matahari terbenamnya pasti lebih terasa sejuk karena makanan di sana dibayar dengan kejujuran yang juga berasal dari hati :)). Dekat-dekat ini harus ke Yogya :hihi, banyak tempat yang ingin didatangi :hoho. Terima kasih buat rekomendasinya!

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s