Hijaunya Taman Balekambang

balekambang_03

Hijaunya Taman Balekambang Solo terlihat asri saat melintasi Jl. A. Yani yang merupakan jalur Semarang – Surakarta. Sudah lama saya mendengar, bahkan beberapa kali wira-wiri melewati Taman Balekambang Solo, namun baru sekali kemarin baru diniatin masuk ke komplek ini. Diniatin? Iya, karena beberapa teman yang asli Solo malah tidak merekomendasikan datang ke taman ini. Piye to ikih? Tapi karena kemarin saya ada di Solo dan mati gaya, gak tau mau ngapain dan pergi ke mana, so.. dolanlah saya ke taman yang legendaris ini.

Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII, yang didedikasikan kepada kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Oleh sebab itu, kawasan ini dibagi menjadi dua bagian yang namanya disesuaikan dengan nama kedua putri, yaitu kawasan hutan kota yang dinamai Partinah Bosch dan kawasan taman air yang dinamai Partini Tuin. Kedua patung putri tersebut bisa ditemui di taman ini.

Pada awalnya, dalam benak saya tergambar kesunyian dalam rimbunnya daun dari pohon-pohon besar sebagaimana di Kebun Raya Bogor. Hijau dan rimbunnya bener. Tapi berisiknya minta ampun. Jadi di sini banyak wahana permainan anak-anak dan gerobak penjual makanan yang tersebar di sana-sini. Wadooh.. Tapi ya mau gimana lagi, namanya juga orang cari rejeki

balekambang_06

Taman seluas sekitar 10 hektar ini ditumbuhi berbagai macam tanaman yang berfungsi sebagai kawasan resapan air dan paru-paru kota. Beberapa tanaman langka dapat ditemui di sini, misalnya kenari, apel coklat dan berbagai jenis beringin. Beberapa binatang juga dilepas di taman ini, seperti rusa, angsa dan burung merpati. Belum termasuk berbagai jenis burung liar yang datang ke kawasan ini. Nah sayangnya, entah memang karena kurang pengawasan atau minimnya biaya perawatan, kawanan rusa tersebut makan makanan apapun yang diberikan oleh pengunjung, bahkan sempat terlihat rusa yang terpaksa mengorek sampah untuk mencari makan.. 😦

balekambang_02

balekambang_04

Namun lepas dari berbagai kekurangan, kompleks taman Balekambang menjadi tujuan alternatif bagi warga Solo untuk refreshing, melepas lelah dan berwisata dengan murah. Di taman ini mereka bisa duduk di bangku-bangku yang memang disediakan untuk beristirahat, atau menggelar tikar dan tiduran di bawah pohon, atau bahkan berdiskusi dan mengerjakan tugas. Tapi entah, di sana ada free hotspot atau tidak. Lantas, di pinggiran kolam tampak beberapa sedang memancing ikan.

Hijaunya Taman Balekambang Solo merupakan aset kota Solo yang bisa dikembangkan sebagai kawasan ekowisata. Tempat ini memiliki potensi wisata alam, pendidikan dan bahkan nilai sejarah yang tinggi. Taman Balekambang menjadi bukti kebesaran Pura Mangkunegaran di masa lalu.

balekambang_01

 

Advertisements

10 comments

  1. Wah, taman bersejarah di kota Solo… boleh nih dikunjungi kalau main-main ke sana :)). Nama tamannya pun nama Belanda ya, “bosch” dan “tuin”–jadi ingat ‘s Plantentuin, nama Belandanya Kebun Raya Bogor. Tapi kenapa namanya Balekambang, Mas? Apa di sana ada balai yang letaknya di atas air?
    Saya lama tak pernah berkunjung ke blog ini… :hehe. Mohon maaf ya Mas.

    Liked by 1 person

    1. Iyaa.. main kesana sambil nengok anak mas Danang. Hahaha..
      Di tepi kolam terdapat bangunan yang disebut Bale Apung yang konon dulu dipakai sebagai tempat bersantai. Tapi sebenarnya bangunan ini ada di pinggiran, bukan di tengah kolam. Bisa jadi bangunan ini yang menjadi referensi nama Balekambang. Mungkin.. :))
      Ah, saya juga udah beberapa bulan ga buka blog.. Ini ada waktu longgar trus disempetin nulis lagi.. Makasih sudah mampir lagi hihihi…

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s