Bikin Paket Wisata Itu Gampang

dieng

Jangan di rumah terus, Indonesia itu indah. Tagline seperti itu beberapa waktu lalu sempat sering muncul sebagai caption di instagram. Foto-foto keindahan alam di berbagai tempat seperti menjadi magnet bagi orang untuk mengunjunginya. Fenomena ini tentunya menjadi kesempatan yang indah bagi travel agency untuk meraup rejeki πŸ™‚Β 

Bikin Paket Wisata Itu Gampang. Bikinnya sih gampang. Jualnya yang susah. Wisatawan tentunya pengen bisa dolan ke suatu tempat dengan biaya yang murah. Sekarang tinggal bagaimana agency bisa memfasilitasi semua kebutuhan wisatawan dengan harga yang terjangkau. Mmm.. meski sebenarnya mahal atau murah itu relatif .

Elemen bikin paket ngetrip itu, selain variasi destinasi tentu saja transportasi, akomodasi dan makan. Tempat yang dituju bagus tapi kendaraan yang digunakan pake mobil bobrok tentu saja membuat peserta tidak nyaman. Atau ngetrip cari sunset di puncak bukit tapi peserta kelaparan bisa jadi malah pada lemes di tengah jalan. Cari warung makan susah, akhirnya tour leader yang jadi sasaran omelan. Ngeri.

Sebelum bikin trip, langkah pertama adalah melakukan semacam simulasi trip. Maksudnya, menghitung waktu tempuh menuju lokasi yang akan ditawarkan. Di sana bisa lakukan survey, tentang akses ke tempat wisata, list penginapan yang layak, daftar tempat makan, toko swalayan, ATM dan cuaca. Akan lebih baik bila kita menjalin komunikasi dengan warga setempat, sehingga ke depan bila butuh update info tidak perlu harus datang ke sana.

Dari database tersebut kita bisa membuat itinerary yang tepat sekaligus pilihan transportasi, penginapan dan makan. Berdasar pengalaman, peserta trip lebih suka penginapan yang aksesnya mudah, sukur-sukur dekat dengan toko swalayan, sehingga gampang membeli sesuatu yang memang tidak menjadi fasilitas paket yang ditawarkan. Dari semua itu tentu akan ketemu biayanya kan?

Seperti yang sudah disebut di atas, mahal atau murah itu relatif. Sebagaimana istilah Jawa, β€œjer basuki mawa bea” bahwa hal yang lebih baik tentunya membutuhkan biaya yang lebih banyak. Nah, ini ada paket wisata, kalian ikut trus entar saya dikasih tau, dari fasilitas dan pelayanan senilai enggak dengan harganya. Cek di sini ya… πŸ™‚

 

Advertisements

7 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s