Berburu Sisa Klampok Lama

klampok1

Purworejo Klampok atau lebih familiar disebut Klampok adalah satu kecamatan di Banjarnegara, Jawa Tengah. Klampok yang berada di jalur Banyumas – Banjarnegara kini dikenal sebagai sentra industri gerabah dengan produk andalannya adalah poci.

Beberapa sisa-sisa bangunan lama memberikan bukti bahwa dahulu Klampok sudah menjadi menjadi kawasan yang sibuk dan ramai. Pada masa lalu kawasan Klampok menjadi area pertanian tebu yang mendukung pabrik-pabrik gula di Banyumas. Salah satunya adalah Pabrik gula Klampok (Suikerfabriek Klampok) dibangun sekitar tahun 1889, yang dipimpin oleh Administratur Jacobus Fransiscus de Ruyter de Wildt. Pada masa itu, gula pasir menjadi sumber pundi-pundi Belanda. Ekspor gula dari Pulau Jawa mencapai 25% dari penghasilan pemerintah Hindia Belanda. Hingga akhirnya pada krisis ekonomi tahun 1930 menghantam semua industri yang berimbas pada ditutupnya pabrik gula ini. Sisa-sisa bangunan bekas pabrik ini sekarang dimanfaatkan menjadi Balai Latihan Kerja (BLK) Pertanian Klampok. Tidak banyak tanda-tanda yang menunjukkan bahwa bangunan ini adalah bekas pabrik. Sudah banyak yang direnovasi, bahkan diruntuhkan kemudian didirikan bangunan baru. Namun beruntung masih tersisa rumah yang kuno yang barangkali dulu adalah rumah tinggal pegawai pabrik.

klampok5

Bergeser sekitar 300 meter dari BLK terdapat deretan kios yang menjual gerabah. Berbagai macam kerajinan gerabah produksi Klampok dipajang di tempat ini. Dari tempat lilin, asbak, hingga guci yang berukuran besar. Namun yang menjadi andalan tetaplah poci tanah liat yang biasa digunakan untuk menghidangkan teh. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa di deretan kios tersebut dahulu berdiri Stasiun Klampok, bagian dari jalur kereta api Purwokerto – Wonosobo.

Stasiun Klampok dibangun oleh Serajoedal Stoomtram Maatschappij pada tahun 1896 hingga pada masa kemerdekaan diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Sayangnya pada sekitar tahun 1970-an jalur ini ditutup, bahkan bangunan stasiun berubah menjadi kios. Bukti tersisa adalah bekas reservoir atau tandon air stasiun yang menjulang di atas kios gerabah.

klampok2

Bergerak lagi sekitar 500 meter ke arah barat, masuk ke kampung (sayang saya lupa mencataat nama kampungnya) masih terlihat sisa rel kereta api, meski cuma sepanjang 1 meter 😀 Yang lainnya sudah tertimbun tanah, tertutup semen, atau bahkan ada yang digunakan sebagai tiang lampu hahaha…
Yang menarik, sekitar 100 meter dari situ terdapat jembatan kereta api yang melintas di atas sungai Serayu. Jembatan ini saat ini oleh warga ditutup dengan beton dan digunakan oleh masyarakat sebagai jalan pintas.

klampok3

klampok7

Klampok memiliki beragam bangunan lama, sayangnya banyak yang direnovasi tanpa mempertahankan bentuk asli dan banyak juga yang tidak terawat. Hingga saat ini beberapa bangunan yang masih kokoh antara lain difungsikan sebagai kantor BLK, kantor kecamatan dan kantor pos. Di masa pemerintahan kolonial, Klampok menjadi pusat Kawedanan, yang strukturnya di bawah Kabupaten dengan pemangku wilayah yang disebut Wedana. Rumah eks wedana Purwareja Klampok baru saja selesai direnovasi dan besok pada tanggal 19 November akan dimanfaatkan sebagai tempat penyelenggaraan acara Heritage Fest Banjarnegara 2016. Disana akan ditampilkan musik Keroncong Serayu dan pameran foto Klampok masa lalu.

klampok6

Heritage Fest Banjarnegara ini menjadi bagian dari Gumelem Ethnic Carnival yang tahun ini diselenggarakan untuk kedua kalinya. Info mengenai Gumelem Ethnic Carnival bakal ditulis dalam post tersendiri (moga-moga sempat) atau cek twitternya; @GumelemEthnic. Kalau pengen lebih detil bisa kontak ke 0811.2604.160. Tenang saja, orangnya baik kok.. 😀

klampok4

maaf, mumpung ada yang baik hati motoin saya :}

 

Advertisements

11 comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s