Berlibur di Yogyakarta, Jangan Lewatkan Belanja di Tempat-Tempat Ini!

Berlibur tidak hanya tentang keindahan alam dan juga kelezatan makanan, ada satu hal penting lagi yang membuat liburan terasa semakin lengkap. Hal itu adalah mengunjungi pusat perbelanjaan. Ya, membeli oleh-oleh seakan menjadi kewajiban bagi kalian yang sedang berlibur.

Nah, jika kebetulan kalian sedang singgah di Jogja, cobalah untuk menyusuri pusat-pusat perbelanjaan yang ada di sana. Jogja memang terkenal akan wisata sejarah dan alamnya, tapi untuk wisata belanja, jangan salah kira, Jogja juga istimewa dalam hal wisata belanja.
Berikut adalah beberapa wisata belanja di Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Apa sajakah itu?

Malioboro

Siapa yang tidak mengenal nama jalan yang satu ini? Ya, Malioboro merupakan ikon dari Daerah Istimewa ini. Di sepanjang jalan ini terdapat berjejer toko-toko yang menawarkan beraneka barang yang selalu cocok dijadikan oleh-oleh, seperti batik, kerajinan tangan, aksesoris, pakaian, hingga aroma terapi.

Tak hanya toko-toko besar yang bisa kalian temui di sini, pedagang emperan pun seakan tidak mau kalah untuk menawarkan barang dagangannya. Jadi jangan kaget saat kalian mengunjungi Malioboro, kalian harus berdesak-desakan dengan banyak pengunjung serta pedagang emperan yang lantang menawarkan barang dagangan.

Pasar Beringharjo

Jangan tergesa-gesa dulu meninggalkan Malioboro, karena di kawasan yang sama terdapat pasar tradisional yang usianya sangat tua, yakni berdiri sejak tahun 1758. Pasar itu bernama Pasar Beringharjo. Pasar ini sangat cocok untuk kalian yang ingin membeli oleh-oleh khas Yogyakarta dengan budget yang pas-pasan. Pasalnya, kalian bisa tawar menawar dengan pedagang. Jika harga cocok di kantong, langsung ambil saja. Tapi jika masih terhitung mahal, kalian bisa cari di pedagang lain.

Pasar Beringharjo terbilang lengkap, hampir semua barang bisa kamu dapatkan di pasar ini, seperti pakaian, batik, jajanan pasar, gadget, jamu, sampai dengan barang-barang antik. Seru kan!

Pasar Klithikan

Orang Jogja menyebut pasar ini sebagai pasar maling, konon barang-barang yang dijual di pasar ini adalah barang hasil dari mencuri. Eits! jangan keliru, pedagang di sini bukan penadah kok. Dulunya, Pasar Klitihikan ini terletak di Jalan Mangkubumi, namun setelah relokasi, kini pasar berlokasi di Pakuncen, Wirobrajan.

Di pasar ini, kalian bisa menjumpai barang bekas maupun baru, seperti onderdil motor, sepeda, mobil, aksesoris, barang antik, hingga gadget. Jika kalian lihai dalam memilih barang, kalian akan mendapatkan barang kualitas unggul dengan harga yang aman di kantong.

Dusun Krebet

Bagi kalian yang gemar mengkoleksi batik, cobalah untuk mampir ke Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Kalian akan dibuat berdecak kagum saat mengunjungi dusun tersebut, pasalnya, jika selama ini kalian hanya tahu kain saja yang bermotif batik, di Dusun Krebet banyak benda yang bisa disulap dengan motif batik. Seperti topeng, cermin, wayang, gantungan kunci, patung kayu, kotak perhiasan, dan masih banyak benda-benda unik lainnya.

Saking uniknya, hasil kerajinan dari Dusun Krebet sudah dipasarkan sampai ke luar negeri loh. Bangga dong produk Indonesia bisa bersaing dengan produk dari negara lain.

Pasar Seni Gabusan

Dan jika kalian tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengunjungi wisata belanja di Jogja satu-persatu. Kalian bisa berkunjung ke Pasar Seni Gabusan. Karena pasar ini adalah tempat berkumpulnya benda-benda unik dari hampir 400 pengrajin di seluruh Jogja.
Bagaimana? Sudah terpikirkan ingin membeli oleh-oleh apa saja untuk orang tercinta? Selamat berlibur.

 

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s